Rabu, 15 Agustus 2012

Manfaat Berorganisasi


MANFAAT MENGIKUTI ORGANISASI

Secara tidak sadar, banyak orang yang mengesampingkan organisasi. Padahal dengan mengikuti organisasi, banyak hal yang bisa didapatkan dari organisasi. Meskipun pada saat mengikuti organisasi orang tersebut sering bersusah payah dan terkuras waktunya untuk organisasi.

Orang yang suka berorganisasi biasanya jarang memanfaatkan waktunya untuk bersantai dan melakukan hal yang tidak berguna. Karena dari pada Dia hanya berdiam diri dan melakukan hal yang kurang berguna, Dia memilih untuk berbuat sesuatu yang bisa berguna bagi orang lain. Entah itu dengan mencari informasi tentang apapun yang bisa digunakan untuk mengembangkan organisasinya.

Banyak juga yang beranggapan bahwa organisasi itu membuat orang capek, membuang waktu saja, melakukan hal yang sia-sia, dan tidak bermanfaat. Persepsi itu adalah persepsi yang tidak benar. Karena dengan mengikuti organisasi berarti sama juga dengan belajar.

Jadi, jika belum pernah mengikuti organisasi sama sekali, lebih baik segera mengikuti organisasi dengan tujuan yang pertama adalah belajar. Meski beberapa orang memiliki keinginan yang berbeda dalam masuk organisasi. Entah itu karena ingin memperoleh jabatan, untuk mencari pacar atau calon pendamping hidup atau hanya untuk iseng-iseng semata. Padahal, dengan mengikuti organisasi banyak keuntungan yang bisa didapatkan dalam mengikuti organisasi, antara lain :

1.      Bisa belajar gratis
Maksudnya belajar gratis ialah bisa berbagi pengalaman antara anggota atau orang yang juga berada dalam satu organisasi tersebut atau belajar dari orang yang berasal dari organisasi lain. Karena belajar tidak hanya di sekolah saja, belajar bisa dilakukan di manapun kita berada.

2. Mendapatkan banyak teman
Orang yang awalnya memiliki teman sedikit, bisa memiliki teman yang banyak karena mengikuti organisasi. Otomatis, bisa saling kenal dengan teman lain yang ada di dalam organisasi tersebut.

3. Mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat
Awal yang baik adalah dengan mengikuti organisasi. Banyak ilmu yang bermanfaat bisa didapatkan dari ketua, sekretaris, bendahara dan anggota lain yang memiliki potensi yang berbeda.

4. Lebih banyak pengalaman
Banyak pengalaman bisa didapatkan dengan berbagai kegiatan yang ada dalam organisasi tersebut. Jika tidak mengikuti organisasi, berarti tidak melakukan kegiatan yang bisa menambah pengalaman.

5. Menambah keterampilan & Mengasah keterampilan
Menambah keterampilan berarti jika kita memiliki ketrampilan menggambar misalnya kita bisa memanfaatkan bakat untuk kemajuan organisasi seperti menggambar di mading sekolah & Mengasah ketrampilan kita yang sebelumnya menggambarnya biasa-biasa saja sekarang menjadi berkembang menjadi luar biasa.
6.     Belajar menjadi seorang pemimpin
Dalam organisasi baik dalam posisi apapun kita bisa mengambil pelajaran tentang kepemimpinan yang dapat digunakan dalam bekerja


Demikian beberapa keuntungan dan manfaat mengikuti organisasi. Semoga bisa membuat teman-teman atau pembaca tetap bersemangat untuk tetap mengikuti organisasi dan mengembangkan organisasi untuk bisa bermanfaat kepada oran lain. Aminnn..

1 komentar: